Kendari, Kepres-Untuk meningkatkan kapasitas wartawan dalam bidang lingkungan hidup, Green Press (Perkumpulan Wartawan Lingkungan) bekerjasama Multistakholder Forestry Progamme-Departemen for Internasional Develompent (MFP-DFID) Region Sulawesi memfasilitasi Lokalatih Jurnalistik lingkungan yang berlangsung dari 6-10 Desember 2005 di hotel Al Maira Kendari.

“Ini merupakan bagian dari kerja Green Press dalam rangka meningkatkan kapasitas wartawan agar wartawan juga bisa mengambil peran yang lebih besar dalam mengkampanyekan pelestarian lingkungan, PSDA dan kemiskinan baik di Sultra secara khusus maupun di Sulawesi secara umum,”kata Koordinator Green Press Yos Hasrul saat ditemui disela-sela kegiatan.

Selain, itu Yos juga mengatakan, kegiatan tersebut sengaja melibatkan wartawan se-Sulawesi sebagai salah satu upaya memperlebar sayap komunikasi lingkungan di Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi.

Lokalatih jurnalistik ini menghadirkan fasilisatator nasional Harry Surjadi (mantan wartawan senior Harian Kompas), Agus Ediawan (Central Economic and Sosial Studi (Cess) dan Haider Laujeng (LBH Bataya) yang dipandu Sultan Darampa mantan Sekjen Jurnal Celebes sekarang jadi Pimred Kendari TV.

Menurutnya, kegiatan ini penting dilakukan mengingat kapasitas jurnalis sangat penting ditingkatkan sehingga bisa terampil dalam penulisan isu kebijakan PSDA dan kemiskinan serta adanya desain pola manajemen dalam mengawal isu kebijakan PSDA dan kemiskinan.

Sementara Ketua Panitia Wa Ode Deli Yusniati mengungkapkan, peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, mengingat ini merupakan baru pertama di selenggarakan di Sulawesi.

“Kami sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini karena ini adalah hal baru dalam sebuah pemberitaan dan banyak bisa kami peroleh dari pelatihan ini,”kata Very wartawan Nuasa Pos Palu yang juga menjadi salah satu peserta dilokalatih jurnalistik tersebut.

Hal senada juga diungkap Grace Wakary wartawan Manado Post. Dikatakan, punya kesempatan seperti ini hal yang paling menyenangkan karena kegiatan lokalatih ini memberi wawasan tentang arti pentingnya lingkungan bagi warga dan para wartawan yang melakukan peliputan lingkungan, cara dan teknik peliputan pun makin dapat ditingkatkan,” Seraya menambahkan, agar kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkala dan bisa menjadi motivasi bagi wartawan lain atau lembaga lain untuk mengadakan kegiatan di tempat lain.

Sumber KLH

About Greenpress

Green Press adalah organisasi profesi wartawan lingkungan yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s