Berangkat dari keinginan untuk meningkatkan porsi pemuatan berita lingkungan di media massa, kelompok Green Press, kelompok wartawan peduli lingkungan di Kendari- bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup menyelenggarakan workshop “Peningkatan Kapasitas Lingkungan bagi Jurnalis” di Hotel Aden, Kendari pada tanggal 6-7 Juli 2005. Kegiatan ini juga didukung oleh Bapedalda Propinsi Sulawesi

Dua puluh delapan jurnalis dari 7 media cetak dan 5 media elektronik (3 radio dan 2 stasiun televisi), mengikuti workshop tersebut, selain untuk menambah wawasan juga untuk berbagi pengalaman. Pemateri pada workshop tersebut selain Ir. Bambang Widiantoro, Asdep Urs. Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan,KLH dan Ir. La Ode Zakariah, Kabid Pengembangan Kapasitas, Bapedalda Sultra, juga berasal dari Universitas Halu Uleo, Ir. Abdul Manan, MSc yang menjabat sebagai Koordinator Forum PSL se Sulawesi dan Agus S. Purwanto, jurnalis dari Harian Merdeka. Sesi hari pertama workshop diakhiri dengan melakukan kunjungan lapangan ke Taman Hutan Raya Murhum. Saat ini Tahura tersebut menjadi tempat pemukiman bagi sekitar 700 jiwa. Ada dua kelompok yang menyikapi permasalahan ini, yaitu yang pro dan kontra konservasi.

Selanjutnya para jurnalis tersebut diminta untuk menulis liputan mengenai Tahura Murhum. Tulisan itu kemudian akan dibahas oleh para nara sumber sebagai masukan bagi para jurnalis tersebut. Untuk memotivasi para jurnalis tersebut, maka tulisan itu dinilai untuk dicari 3 tulisan terbaik. Hasilnya adalah M Nasir Idris, dari Harian Kendari Ekspress menjadi juara 1 dengan judul tulisan “Tahura Murhum bagai Api dalam Sekam, sedangkan juara 2 adalah Masrafi dari Antara dan juara 3 Amar Maruf dari Green Press. Kepada ketiga peserta dengan tulisan terbaikdiberi kenang-kenangan berupa Tshirt KLh dan sejumlah uang.

Workshop singkat ini masih dirasa kurang oleh para jurnalis, masih banyak hal yang ingin digali dan dikembangkan lebih jauh untuk dapat mewujudkan jurnalis yang membangkitkan militansi lingkungan. Namun upaya awal ini tidak mengurangi semangat anggota Green Press dan jurnalis lain pada umumnya di Kendari untuk tetap memperjuangkan pelestarian lingkungan.(srs)

Sumber : KLH

About Greenpress

Green Press adalah organisasi profesi wartawan lingkungan yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s