Berbagai cara untuk mencari gagasan peliputan bisa dilakukan. Mulai dari ide melihat peristiwa sampai dengan gagasan yang melintas di kepala. Tentu saja setiap orang atau setiap lembaga media memiliki cara untuk mengembangkan liputan dari peristiwa yang terjadi.

Bisa pula “diciptakan” sebuah gagasan baru untuk melakukan liputan bidang baru yang sama sekali tidak diperhatikan media lain. Membuat liputan baru merupakan tantangan tersendiri dan bisa menguras banyak energi. Namun peluang sukses yang bisa diikuti oleh media lain juga sangat besar.

Bagi media massa, gagasan tidak boleh kering apalagi kehabisan. Setiap hari selalu harus ada pilihan angle dan liputan yang bisa diangkat untuk diberitakan atau di “feature” kan.

Beberapa cara mencari ide liputan antara lain:

1. Mengembangkan liputan yang sudah ada dalam berbagai media massa. Manakala kita membaca, mendengar atau melihat media massa maka setiap orang memiliki sudut pandang sendiri. Sudut pandang yang sifatnya personal inilah yang bisa dibeberkan lebih luas dan mendalam dengan sebuah liputan cara baru. Harga kedelai yang melonjak menyebabkan tahu dan tempe mahal. Mungkinkah menyusuri kacang kedelai sampai ke industri perkebunan di luar negeri?

2. Diskusi dengan rekan kerja atau kalangan profesional dan praktisi. Menanyakan sesuatu kepada kaum profesional dan praktisi bisa melahirkan banyak gagasan. Dengan cara bertanya apa yang sedang berlangsung dan mengapa terjadi seperti ini -misalnya dalam kasus kedelai naik atau minyak mencapai 100 dollar per barel – maka apa implikasinya terhadap masyarakat bawah bisa melahirkan liputan segar. Diskusi yang produktif tentu diskusi yang tidak debat kusir. Pencarian ide dari diskusi merupakan sebuah cara yang mudah dilakukan.

3. Membaca berita kecil yang tidak menarik tetapi mengandung potensi besar. Sebuah berita di surat kabar daerah atau lokal atau sebuah berita kecil di televisi juga berpotensi untuk mengundang gagasan baru. Penangkapan pembobol makam mungkin bisa dikembangkan seberapa luas terjadi pembobolan dan apa saja barang yang dicuri lalu siapa penadahnya. Cara ini bisa dilakukan setiap hari. Jika terlalu sukar bisa saja gagasan itu diendapkan dulu.

4. Mengantisipasi peristiwa. Sebuah peristiwa yang terjadi tahunan misalnya mudik Lebaran bisa dijadikan inspirasi dalam penulisan atau liputan. Bisa dikembangkan angle yang luar biasa banyaknya. Berbagai peringatan dan upacara rutin bisa dijadikan bahan liputan baru jika dikaitkan dengan berbagai peristiwa yang berlangsung. Hari Pendidikan Nasional atau Hari Penerbangan merupakan sumber berita yang tidak akan ada habisnya.

5. Peristiwa di luar negeri. Hukuman bagi koruptor di luar negeri seperti di Cina antara lain dengan eksekusi akan memunculkan ide bagaimana membuat jera koruptor. Tentu tidak sampai dengan hukuman mati namun banyak hal bisa dikembangkan dari peristiwa yang terjadi di mancanegara. Kita bisa mengembangkan banyak cerita di dalam negeri jika meminjam berbagai insiden di luar negeri ( Asep Setiawan)

About Greenpress

Green Press adalah organisasi profesi wartawan lingkungan yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s