• trainer internasional : Dale Willman (radio), Jim Simon (cetak), Inge Altemeier (tv)
  • ide investigasi terbaik memenangkan dana bantuan liputan
  • insentif bagi yang berhasil menyelesaikan liputan investigatif pasca pelatihan dalam periode waktu tertentu
  • deadline aplikasi : 7 Maret 2008
Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) kembali menyelenggarakan Training Jurnalisme Investigatif kali ini khusus bertema lingkungan hidup.
Para trainer internasional berpengalaman di bidang investigasi lingkungan hidup akan langsung membimbing peserta dalamtraining di Jakarta tanggal 21 – 25 April 2008. Mereka adalah Dale A Willman (radio), Jim Simon (cetak), Inge Altemeier (tv). Melalui diskusi, simulai dan praktek trainer akan membantu setiap peserta dalam menajamkan ide liputan investigatif bidang lingkungan hidup yang diajukan peserta.
Tujuan akhir dari pelatihan adalah membuat peserta memiliki rencana dan persiapan matang untuk melakukan liputan investigatifnya sekembali ke media masing-masing.
PPMN akan memberikan insentif khusus bagi jurnalis yang berhasil menyelesaikan liputan investigatif setelah pelatihan dalam periode waktu tertentu.
Peserta adalah jurnalis Indonesia yang bekerja full time/free lance dari media cetak/online, tv dan radio berpengalaman minimal 3 tahun.
Kirimkan lamaran dengan syarat-syarat sebagai berikut ;
cv / biodata
surat referensi (min. 2 buah)
copy contoh-contoh karya jurnalistik
ide rencana peliputan investigatif yang akan dikerjakan setelah training
Biaya training *) : Rp 500.000
Kirimkan syarat-syarat pendaftaran ke Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara, Jl. Utan Kayu 68H Jakarta Timur 13120 atau e-mail : info.ppmn@yahoo. com paling lambat tanggal 7 Maret 2008
Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (Indonesian Association for Media Development) adalah lembaga yang menjalankan program-program nonprofit untuk pengembangan profesionalisme media dan perluasan akses informasi di Indonesia dan kawasan Asia.Informasi : Vera/Cecil : 021-68594538, 021-98279935.
Panitia menanggung biaya akomodasi dan transportasi peserta.
*) Tersedia 4 bea siswa untuk pesertayang keberatan terhadap biaya training.
Lampirkan surat permohonan bea siswa bersama lamaran yang dikirim.
Sekilas tentang para trainer :
Dale Willman
Dale Willman berpengalaman 30 tahun sebagai jurnalis. Sepuluh tahun di antaranya ia bekerja pada National Public Radio Washington D.C. dan memperoleh Peabody Award. Saat bekerja di CNN Radio liputan investigatifnya “Broadway’s Dirty Little Secret” menyabet penghargaan Edward R Murrow. Laporan yang dimuat berseri ini bercerita tentang masalah lingkungan yang ditimbulkan dari pertunjukan Broadway Walt Disney,Beauty and the Beast. Dale juga tercatat sebagai satu-satunya wartawan lingkungan di sepanjang sejarah CNN Radio.
Dale banyak memberi kuliah tentang jurnalisme lingkungan. Pernah memberikan pelatihan jurnalisme lingkungan di Belize, Thailand dan Bolivia. Ia juga mendirikan dan mengelola situs jurnalisme lingkungan www.fieldnotes. tv untuk mendukung para jurnalis meliput isu-isu lingkungan. Dale menjadi pengurus sejumlah organisasi jurnalis lingkungan dan anggota Society of Environmental Journalist.
Jim Simon
Jim Simon bekerja lebih dari 20 tahun sebagai jurnalis di Seattle Times, salah satu koran daerah terbesar di Amerika. Jabatannya kini adalah wakil pemimpin redaksi membawahi 55 reporter dan 12 editor. Selama karirnya sebagai reporter lingkungan ia menulis berbagai kasusmulai dari pembalakan liar sampai satwa langka yang terancam hingga soal dampak lingkungan perburuan paus secara tradisional.
Beberapa kali Jim menjadi trainer pada pelatihan jurnalisme lingkungan dan soal etik di berbagai kota di Indonesia. Pernah memberi kuliah di Universitas Padjajaran soal in-depth report bertema lingkungan dan kesehatan. Juga memberi kuliah jurnalistik di sejumlah universitas Amerika.
Karya jurnalistik Jim Simon dua kali masuk nominasi Pulitzer Prize tahun 1990 dan 1998. Prestasinya yang lain adalah menjadi co winner National Press Club dan Scripps Howard National Journalism awards untuk liputan bidang lingkungan tahun 1999 dan memenangkan John B Oakes award setahun sebelumnya juga untuk liputan bertema lingkungan.
Inge Altemeier
Inge Altemeier tinggal di Jerman. Dia dikenal sebagai produser yang berpengalaman lebih dari 20 tahun, juga sebagai jurnalis investigatif radio dan televisi.Banyak karya-karyanya soal lingkungan di Indonesia. Antara lain Lost in Palm Oil (2007), Green Energy Boom – Biofuel from Indonesia (2007) dan Tsunami Donations Used for Illegal Logging (2005) serta Pulping the People – Paper Production in Indonesia (2001).

Karya-karya Inge banyak menerima penghargaan. Antara lain tahun 2004 ia meraihpenghargaan Silver Carpet pada International Environmental Film Festival di Kairouan, Tunis. Di tahun yang sama di Brasil ia juga memenangkan FICA award pada 6th International Environmental Film Festival. “Greasy Loot Palm Oil from Indonesia ”, film karyanya juga menyabet penghargaan pada International Environmental Film Festival 2002 untuk kategori best journalistic work. Tahun 2000 Inge menjadi trainer jurnalisme investigatif di Jakarta dan ia bisa berbahasa Indonesia.

About Greenpress

Green Press adalah organisasi profesi wartawan lingkungan yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 2004

One response »

  1. lawrence mengatakan:

    boleh minta email inge altemeier? terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s