Kapanlagi.com – Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan Kementrian Lingkungan Hidup, Ir Bambang Widyantoro mengatakan, saat ini isu lingkungan hidup masih merupakan isu pinggiran.
 “Isu lingkungan hidup belum merupakan faktor prioritas dalam penetapan kebijakan publik,” katanya pada acara Lokakarya Peningkatan Kapasitas Kelompok Wartawan Lingkungan “Green Press” di Kendari, Kamis.
 Menurut dia, adanya kondisi tersebut karena dukungan masyarakat terhadap usaha pelestarian lingkungan hidup, khususnya di tingkat legislatif masih kurang. Keadaan dan Permasalahan yang sama hampir dapat ditemui di beberapa daerah di Indonesia.
Oleh karena itu, katanya, Kantor Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) sangat menaruh perhatian akan hal tersebut, antara lain dengan mengajak wartawan untuk berperan serta dalam usaha pelestarian lingkungan hidup.
Menurut dia, KLH melihat wartawan mempunyai peran yang penting, sehingga terbangun kesadaran dan kemauan publik untuk bertindak. Wartawan mempunyai kesempatan dan kemampuan untuk mengangkat isu lingkungan sehingga mampu menarik perhatian masyarakat luas.
Ia mengatakan, gerakan wartawan lingkungan seperti yang tergabung dalam Green Press sekarang ini diharapkan berperan sebagai “pressure group” terhadap lembaga eksekutif dan legislatif agar lembaga itu dalam penetapan kebijakan selalu mempertimbangkan kepentingan publik.
Selain meningkatkan kapasitasnya dalam substansi pemberitaan, katanya, KLH juga mendorong wadah wartawan lingkungan ini untuk mengembangkan jejaring dengan berkomunikasi dengan lembaga lain, baik perkumpulan wartawan maupun lembaga lain terkait.
“Perlu penekanan kepada masyarakat bahwa memperbaiki kualitas lingkungan adalah juga meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.
 Kegiatan Lokakarya Peningkatan Kapasitas Wartawan Lingkungan atas kerjasama dengan Kelompok Green Press Kendari diikuti peserta dari kalangan wartawan media cetak dan elektornik serta pers mahasiswa.
Lokakarya yang berlangsung selama dua hari itu menampilkan nara sumber dari Asisten Deputi Urusan Masyarakat Perkotaan, Bapedalda Sultra, akademisi serta wartawan lingkungan dari Jakarta. Selain kegiatan diskusi, juga para wartawan melakukan kunjungan lapangan sekaligus mencari dan menulis berita tentang hasil pengamatan tersebut. (*/erl) terbit : Kamis, 07 Juli 2005  http://www.kapanlagi.com/h/0000071501.html

About Greenpress

Green Press adalah organisasi profesi wartawan lingkungan yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 2004

One response »

  1. Singal mengatakan:

    Pelestarian lingkungan sudah harus menjadi prioritas di negeri ini. Karena kita sudah mengalami sangat banyak penderitaan akibat kerusakannya, dan cenderung menuju kesengsaraan (Banjir dan kering, datang bergantian tidak terkontrol). Anehnya, tampaknya pemerintah dan aparatnya masih setengah hati, dilihat dari sisi penebangan hutan oleh pemilik HPH, penanganan tata kota, sungai termasuk publikasi dan sosialisasi sangat minim.
    Mudah-mudahan, dalam pemikiran dan rencana selanjutnya, pemerintah membuat program pendidikan dan lingkungan menjadi program prioritas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s