Berikut saran Mas Harry Surjadi (Direktur SIEJ) yang diposting di mailinglist wartawaningkungan tentang investigasi atau peliputan pengelolaan limbah atau sampah di klinik kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan jurnalis yang berminat dalam peliputan di klinik kesehatan.

Awalnya cukup “memotret” keadaan klinik itu. Coba observasi lingkungan di sekiling klinik. Pilih klinik yang paling ramai. Kemudian temui warga yang tinggal di sekitar klinik. Tanya, apakah pernah melihat klinik itu membuang sampah (atau limbah)? Pukul berapa biasanya mereka membuang sampah itu? Kalau beruntung Rio bisa dapat info cukup lengkap.

Langkah selanjutnya adalah observasi klinik pada saat mereka buang sampah. Periksa sampah yang dibuang itu untuk mendapatkan bukti apakah limbah medis (jarum suntik, bekas perban, kapas bekas, kemasan obat, dan sisa dari laboratorium) tercampur. Wawancara petugas yang menangani limbah, ke mana limbah itu dibuang?

Setelah observasi barulah wawancara direktur klinik diwawancara. Tanya bagaimana dia mengelola limbah kliniknya. Baru kemudian pemda ditanya. Bisa Dinas Kesehatan atau Bapedalda. Turun deh satu tulisan.

Selanjutnya tanya lagi Bepedalda, apa langkah mereka menertibkan pelanggaran yang bisa membahayakan masyarakat banyak ini. Kalau bertanya pada mereka harus detail dan konkret.Jangan mau kalau jawabannya: “Ya kami akan tertibkan.” Tanya lagi, “bagaimana caranya bapak menertibkan?” Minta apa saja yang akan dilakukannya? Bukan apa saja, tapi juda kapan dan deadlinenya. Sehingga kita bisa memantau terus. Selamat meliput ( Harry Surjadi)


About Greenpress

Green Press adalah organisasi profesi wartawan lingkungan yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s