Sudah satu minggu ini para blogger Indonesia dihantui rasa was-was, karena Pemerintah RI melakukan sensor blog terhadap blog-blog social seperti Youtube dan Multiply, dengan dalih menertibkan penyebaran film porno dan film fitna, namun sayangnya penertiban blog itu tak memilih conten atau isi blog, tapi digeneralisir semua, padahal banyak blogger yang menyungguhkan informasi positif yang mencerahkan. seperti blog lingkungan hidup, blog berita, kemanusian, religi dan lain-lain.

Kejadian ini membuat blogger Indonesia yang selama ini menggunakan blog free merasa was-was, karena makin nggak jelas jaminan keberlanjutan blog mereka. Namun sebaliknya ini menguntungkan bagi para penyedia hosting dan domain karena mungkin akan banyak blogger yang beralih mendaftar diri ke situs blog komersil.

Komunitas blogger Indonesia mesti bersatu mengadvokasi pemerintah agar tidak lagi mensensor aktivitas blog, mengingat keberadaan blog juga turut mencerdaskan publik lewat sharing informasi antar blogger yang bisa diakses oleh publik secara gratis serta mendorong terciptanya publik untuk menjadi citizen journalist.

Kalau hal tersebut dibiarkan, mungkin wordpress dan blogspot juga akan bernasib sama dengan Youtube dan Multply, karenanya perlu ada agenda bersama untuk melawan sensor blog.“Bersatulah Blogger Indonesia Lawan Sensor Blog”. (Marwan Azis)

About Greenpress

Green Press adalah organisasi profesi wartawan lingkungan yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s