Laporan terakhir mengenai penerbitan buku tidak mengompilasi angka-angka penjualan, atau siapa yang menduduki peringkat teratas dalam daftar best seller. Alih-alih, laporan sepanjang 86 halaman berjudul Environmental Trends and Climate Impact tersebut memberikan sebuah laporan menggembirakan bahwa industri buku setiap tahunnya berusaha berproduksi dengan cara-cara yang ramah lingkungan.

“ Ini kejutan yang amat menyenangkan,” ujar Tyson Miller, pendiri sekaligus direktur the Green Press Initiative, sebuah badan nirlaba yang kerap bekerjasama dengan para penerbit untuk mendukung isu-isu lingkungan.

Secara komersial, tema-tema lingkungan adalah tema yang menguntungkan industri penerbitan. Buku kontroversial An Inconvenient Truth karya Al Gore, serta Green This yang ditulis Derdre Imus hanya beberapa contoh buku tentang lingkungan yang laris manis.

Setiap tahunnya industri buku dunia menghabiskan sekitar 1,5 juta ton metrik kertas. Laporan ini menunjukkan bahwa sudah banyak penerbitan yang menargetkan untuk menggunakan kertas daur ulang dalam produksi bukunya.(Yahoo/ Devi/Jurnas)

About Greenpress

Green Press adalah organisasi profesi wartawan lingkungan yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s