Kendari, Greenpress- Guna menumbuhkan kecintaan lingkungan dikalangan pelajar dan memeriahkan hari lingkungan hidup sedunia tanggal 5 Juni mendatang, Bapedalda Sultra bekerjasama dengan organisasi wartawan yaitu AJI Kendari dan Green Press Kendari akan mengadakan lomba menulis lingkungan tingkat pelajar (SD, SLTP, SMU dan sederajat) se-Kota Kendari.

Kepala seksi pengembangan kapasitas lingkungan Bapedalda Sultra Deden M mengatakan, kegiatan dimaksudkan untuk menumbuhkan kepedulian dan kecintaan masyarakat Kendari akan pentingnya mengenali lingkungan dan persoalannya. “Kepedulian terhadap lingkungan harus ditanamkan sejak dini kepada pelajar, sehingga mereka dapat mengenal dan mencintai lingkungan minimal di sekitar tempat mereka,” ungkapnya.

Tema penulisan lingkungan tahun ini secara nasional adalah “Ubah perilaku dan cegah pencemaran lingkungan,” sehingga lanjut Deden daerah menyesuaikan saja. Adapun alasan untuk menggandeng organisasi wartawan karena menurutnya wartawan lebih paham mengenai tehnik penulisan. “Salah satu kriteria penulisan adalah mengangkat fakta terkait lingkungan, nah wartawan lebih paham tentang fakta lingkungan di Kota Kendari,” ungkap pria yang juga tim penilai adipura Sultra itu.

Hadiah yang disediakan pihak panitia berupa piala, piagam, dan uang pembinaan untuk tiap kategori SD, SLTP dan SMU atau sederajat, sedangkan bagi 10 besar panitia memberikan piagam dan akan melibatkan mereka saat kegiatan pendistribusian bibit tanamam kepada masyarakat Kendari pada pelaksanaan hari lingkungan hidup sedunia tanggal 5 Juni 2008, sekaligus pemberian hadiah kepada para pemenang.

Bagi pelajar di Kota Kendari yang berminat untuk mengikuti lomba menulis lingkungan, dapat mengantarkan langsung tulisannya di Kantor Bapedalda Sultra atau di Sekertariat AJI Kendari tanggal 15-25 Mei 2008 saat jam kerja. (Waode Deli Yusniati/WAN)

About Greenpress

Green Press adalah organisasi profesi wartawan lingkungan yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s