Sebuah komunitas baru yang komitmen dengan penangan perubahan iklim di Indonesia bernama Jaringan Masyarakat Indonesia untuk Perubahan Iklim (JAMPI) atau Indonesian Soceity for Climate Change (IStoCC) resmi berdiri pada tanggal 8 Juni 2008, yang diawali sebuah pertemuan nasional mendorong partisipasi masyarakat dalam penanganan perubahan iklim yang berlangsung pada tanggal 7-8 Juni 2008 di Hotel Atlet Century Jakarta yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup yang dihadiri oleh multistakeholder di Indonesia.

Menjelang pernas ditutup berbagai usulan muncul tentang perlunya ada wadah yang bisa menjadi media sharing informasi dan belajar bersama dalam penanganan perubahan iklim di Indonesia. Berbagai usulan nama pun muncul, diantaranya ada yang mengusulkan nama Komnas Perubahan Iklim, Working Group Perubahan Iklim, Aliansi Masyarakat untuk Perubahan Iklim, Front Perubahan Iklim (FPI), dan Jaringan Masyarakat Indonesia untuk Perubahan Iklim.

Dari sekian nama itu, setelah melalui diskusi yang cukup alot, yang dipandu oleh Azaz Togar dari LSM FAKTA Jakarta dan Hendri Bastaman (Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup), akhirnya seluruh peserta pernas perubahan iklim yang berasal dari berbagai profesi, NGO, Organisasi Pemuda, Pers, Kalangan Kampus dan organisasi profesi dan dunia usaha sepakat menghimpun diri dalam Jaringan Masyarakat Indonesia untuk Perubahan Iklim (JAMPI), setelah peserta kembali memilih 15 tim perumus yang melibatkan berbagai profesi.

Setelah resmi terbentuk, tim peremus sepakat menjadikan mailinglist sebagai salah satu media bersharing berbagai informasi tentang aktivitas JAMPI dan informasi penanganan perubahan iklim lainnya yang dilakukan oleh berbagai pihak. Saat ini Jampi telah memiliki milis beralamat : perubahaniklim@yahoogroups.com. atau http://asia.groups.yahoo.com/group/perubahaniklim/

Mailinglist tersebut juga terbuka bagi publik termasuk para blogger yang care dengan isu penanganan perubahan iklim. Kalau ada yang tertarik silakan bergabung dengan cara mendaftar diri di mailinglist tersebut atau mengirim email pribadi ke moderator milis: marwanazis@gmail.com, nanti akan invite dan daftar sebagai anggota milis perubahan iklim.

Mailinglist perubahaniklim@yahoogroups.com yang merupakan media bersharing, belajar tentang penanganan perubahan iklim yang dilakukan oleh berbagai pihak yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Indonesia Untuk Perubahan Iklim (JAMPI) maupun pihak lainnya yang mau berbagai informasi, tips tentang ramah lingkungan dalam mengatasi dampak perubahan iklim.
(Marwan Azis)

Adapun Tim Perumus Jaringan Masyarakat Indonesia Untuk Perubahan Iklim (JAMPI) :
1. Azaz Tigor Nainggolan SH (Advokat)
2. Bibong
3. Crisnawati
4. Cokorda Oka Yudhana SH (Kaukus Lingkungan Hidup)
5. Nurlini (Organisasi Perempuan)
6. Unsur Kepemudaan (KNPI)?
7. Harfin (Ormas)
8. Ahmad Djuhara ( Asosiasi Profesi)
9. Sri Utama (Perguruan Tinggi)
10. Gus Hafids (EPW)
11. Marwan Azis (Green Press)
12. Alfreed (LSM Lingkungan)
13. Jackie Ambada (Dunia Usaha)
14. Iman Zainal (Mahasiswa UI)
15. KLH.

About Greenpress

Green Press adalah organisasi profesi wartawan lingkungan yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 2004

3 responses »

  1. sri utami Azis mengatakan:

    perjuangan untuk mencegah terjadinya perubahan iklim di lingkungan masing-masing harus terus dilakukan tapi bagaimana agar masyarakat umum segera tahu apa yang harus dilakukan agar bencana tidak terus terjadi di lingkungan kitA?

  2. anyta mengatakan:

    Lingkungan adalah salah satu hal yang paling vital di dalam kehidupan manusia. Saya pribadi adalah orang yang paling cocern terhadap hal itu. Pembalkan liar, pembuangan sampah di sembarang tempat menyebabkan kerusakan dimana. Banyak orang yang tidak menyadari hal ini demi mencari kepuasan sementara semata. Herannya pemerintah justru terkadang menjadi salah satu andil atau dalang di dalamnya. Bagi kita yang terpenting apakah yang harus kita lakukan demi menyelematkan lingkungan kuta demi kelangsungan hidup anak cucu kita di masa yang akan datang?

  3. Citra mengatakan:

    Saya senang sekali atas terbentuknya JAMPI ini.
    Memang kondisi lingkungan saat ini sangat perlu diperhatikan, karena adanya isu-isu global tentang adanya global warming sangat menerikan serta kerusakan alam yang banyak terjadi sangat menyedihkan. saya sebagai salah satu anggota dari Organisasi Pecinta Lingkungan Pidup di ITS (PLH SIKLUS ITS) serta sebagai salah satu anggota Profauna, ingin sekali bergabung dalam JAMPI ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s