Ada banyak cara yang bisa dilakukan individu, kelompok yang peduli dengan lingkungan untuk mengaungkan pentingnya pelestarian lingkungan saat ini dan akan datang, salah satunya dengan memafaatkan piranti multimedia seperti blog dan situs jaringan social lainnya.

Hal tersebut disampaikan sejumlah narasumber yang hadir dalam bincang-bincang bertema “Gejolak, Ekspresi, Media dan Kita Terhubung, Kita Peduli,” Mereka adalah Away (Blogger dan Pengelola Situs satudunia.net), Julian Sihombing (Fotografer Kompas), Meiske Taurisia, Produser Babibufilm) dan Michelin Hidayat (Produser Musik) yang dipandu oleh Malika dari Green Radio bertempat di Goetha Haus (23/1).

Dalam pandangan Away, website saat ini tak lebih sebuah etalase yang menampilkan berbagai produk media seperti foto, tulisan dan video.”Kita kita bisa mempublis satu konten yang secara bersamaan dan langsung tersalur ke sejumlah situs, blog, facebook, twiter dan situs jaringan sosial lainnya,”jelas Away.

Menurutnya, pola perilaku anak muda dan masyarakat saat ini sangat dipengaruhi perkembangan multimedia. karena keberadaan media online seperti blog dan facebook, twiter dan situs jaringan sosial lainnya menjadi sangat strategis dalam menyampaikan isu lingkungan dan mengalangan publik untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. “Ekspresi akan terpengaruh oleh media yang tersedia,”katanya.

Apalagi sebagaian besar masyarakat Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini mulai melek dengan teknologi informasi terutama blog, facebook dan twiter serta berbagai situs jaringan sosial lainnya.

Pemanfaatan multimedia juga bisa dipadukan dengan kegiatan lainnya seperti fotografi dan berbagai hobby lainnya. Menurut Julian Sihombing, Editor Fotografer Kompas mengatakan, fotografi bisa menjadi saluran ekspresi untuk membantu upaya pelestarian lingkungan di Indonesia. “Gejolak itu sangat bisa disalurkan melalui fotografi. Satu foto bisa mengeluarkan opini dan menyampaikan fakta. Bagaimana kalau jutaan anak muda memanfaatkan foto untuk kampanye lingkungan dan mempublisnya di ruang multimedia,”ujarnya.(Marwan Azis).

About Greenpress

Green Press adalah organisasi profesi wartawan lingkungan yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 2004

2 responses »

  1. Ekowisata Ujungkulon mengatakan:

    Memang benar, sekarang ini sudah banyak orang yang menyuarakan kampanye pelestarian alam melalui blog, forum, milis atau situs jejaring sosial seperti Fb dan Twitter. Sayangnya belum banyak yang melakuknnya secara terkoordinir. Mereka atau kita masih lebih sering melakukannya dengan berjalan sendiri sendiri.

  2. nisbi mengatakan:

    Multimedia bagian dari sarana komunikasi visual, yang lebih diminati masyarakat Indonesia😉 informasi jadi lebih cepat terserap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s